Bobby Akui LPE Kota Medan Tahun 2023 Alami Peningkatan

Walikota Medan M Bobby Nasution menyebutkan, Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Kota Medan pada tahun 2023 mengalami peningkatan bagus dari tahun sebelumnya.

topmetro.news – Walikota Medan M Bobby Nasution menyebutkan, Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Kota Medan pada tahun 2023 mengalami peningkatan bagus dari tahun sebelumnya.

Hal itu ia katakan saat rapat paripurna dengan agenda Pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Tahun 2023, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Medan.

Menurutnya, pencapaian indikator makro pembangunan daerah Kota Medan sesuai dengan misi pembangunan daerah dan program prioritas wali kota. Keberhasilan kinerja penyelenggaraan juga pada penanganan kemiskinan yang mencapai delapan persen. Atau turun 0,07 persen dibandingkan tahun 2022.

“Untuk tingkat pengangguran terbuka di tahun 2023 sebesar 8,67 persen. Mengalami keberhasilan penurunan dari tahun 2022 sebesar 0,22 persen,” ungkapnya.

Lanjut Bobby, dalam pengelolaan keuangan daerah, Kota Medan mengacu pada dokumen RPJMD, RKPD, APBD. Dan laporan keuangan pemda telah tercapai pendapatan daerah terealisasi Rp5,80 triliun. Atau 79,52 persen dari target sebesar Rp7,29 triliun. Terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) terealisasi Rp2,44 triliun dari target Rp3,75 triliun. Pendapatan transfer terealisasi sebesar Rp3,26 triliun dengan capaian 94,82% dari target Rp3,43 triliun. Lain-lain pendapatan daerah yang sah terealisasi Rp98,84 miliar dari target Rp105,85 miliar.

Untuk belanja daerah teralisasi sebesar Rp6,28 triliun dengan capaian 80,08% dari target Rp7,84 triliun. Terdiri dari belanja operasi terealisasi Rp4,78 triliun dari target Rp5,42 triliun. Belanja modal teralisasi Rp1,49 triliun dan belanja tak terduga terealisasi Rp116 juta dari target Rp43,67 miliar.

“Pencapaian kinerja penyelenggaraan urusan wajib dan urusan pilihan pemda dapat dilihat juga melalui tujuh sasaran misi pembangunan Pemko Medan. Yaitu, meningkatnya pemerataan ekonomi, kualitas masyarakat, tata kelola pemerintahan yang smart, bersih dan akuntabel, kota layak huni, kualitas lingkungan hidup, rasa nyaman dan kondusif. Serta menciptakan Kota Medan sebagai kota pariwisata yang beridentitas dan berbudaya,” paparnya.

Penyerahan LKPj

Rapat berakhir dengan penyerahan LKPj TA 2023 oleh Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman, kepada Ketua DPRD Kota Medan.

Ketua DPRD Kota Medan Hasyim SE memimpin rapat bersama wakil-wakil Ketua DPRD Medan, Rajudin Sagala dan HT Bahrumsyah. Serta hadir juga, Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman dan sejumlah anggota DPRD Medan.

reporter | Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment